Menakar Asupan Protein Saat Diet.
Menakar Asupan Protein Saat Diet.

Milumee.com, Diet atau program penurunan berat badan memang salah satu cara yang tepat jika kamu sedang ingin menurunkan berat bada, dengan berbagai metode diet yang sekarang sudah banyak kamu dapat memilih metode mana yang tepat dan sesuai dengan kamu. Namun perlu diperhatikan untuk menakar asupan protein saat diet.

Menakar Asupan Protein Saat Diet.
Menakar Asupan Protein Saat Diet.

Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh namun asupan protein harus seimbang tidak boleh kuran dan tidak boleh berlebihan. Berikut ini adalah dampak kelebihan dan kekurangan protein yang harus kamu tahu.

Dampak Kekurangan Protein

  • Marasmus, penyakit ini umumnya menyerang bayi dan cukup fatal jika terus dibiarkan.
  • Kwashiorkor, penyakit yang diakibatkan kekurangan protein dan biasanya menyerang anak-anak balita.
  • Chacexia, membuat penderitanya mengalami penurunan berat bada, kanker, gagal ginjal dan penyakit menular lainya.
  • Gagal hati, kekurangan protein dapat menyebabkan kehilangan fungsi hati dan kerusakan pada hati.
  • Apati, suatu keadaan yang membuat emosi seseorang menjadi tumpul.
  • Edema, edema salah satu penyebab darah seseorang menjadi rendah.
  • Ganguan otak, kekurangan jumlah protein dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan otak.
  • Penyakit jantung, salah satu penyakit pembunuh nomer satu yaitu penyakit jantung, dapat di akibatkan oleh kekurangan protein.
  • Rambut rontok, penyebab rambut rontok memang banyak salah satunya adalah kekurangan asupan protein.
  • Kelelahan, jika kamu sering kelelahan tanpa sebab bisa jadi kamu sedang kekurangan protein.

Dampak Kelebihan Protein

  • Gagal ginjal, kelebihan protein ternyata dapat menyebabkan gagal ginjal.
  • Pengasaman pada darah, pengasaman pada darah dapat terjadi karena kurangnya jumlah protein dalam tubuh.
  • Osteoporosis, protein yang berlebih akan membuat kalsium menjadi berkurang, sehingga hal tersebut menyebabkan osteoporosis.

Itulah dampak jika kita tidak menakar asupan protein saat diet maupun saat biasa, jadi kita harus menakar asupan protein agar seimbang bagi tubuh. Untuk menakar asupan protein saat diet, kita dapat melakukanya dengan menggunakan metode jari. Berikut ini adalah cara menakar protein saat diet menggunakan metode telapak tangan.

Menakar Protein Pada Ikan

Kamu dapat menakar ikan dengan satu telapak tangan penuh hingga jari, dengan begitu kamu akan mendapatkan protein ikan yang sangat pas.

Menakar Protein Pada Ayam

Untuk menakar protein pada ayam, kita dapat menakarnya cukup dengan satu telapak tangan hingga ruas jari pertma. Dengan begitu kamu akan mendapatkan protein pada ayam dengan sangat pas.

Menakar Protein Pada Daging Sapi

Untuk menakar protein pada daging sapi, kamu cukup menakarnya dengan satu telapak tangan penuh tanpa ruas jari. Dengan begitu kamu aka mendapatkan protein dalam porsi yang pas saat diet.

Menakar Asupan Protein Saat Diet.
Menakar Asupan Protein Saat Diet.

Karena setiap telapak tangan orang berbeda, sehingga metode ini cukup pas dan dapat diterapkan dengan baik. Untuk berbagai makanan lainya kamu juga dapat menakarnya dengan metode serupa, hanya saja kamu dapat mengganti makanan cari menggunakan sendok. Satu sendok berarti satu ruas jari, dengan begitu diet kamu akan seimbang dan tidak menyebabkan tubuh kekurangan apapun.

Diet memang sangat baik dan dianjurkan apalagi jika seseorang tersebut memiliki kelebihan berat badan, namun diet juga tidak bisa secara asal-asalan karena hal tersebut dapat menimbulkan penyakit yang dapat merugikan dirikira sendiri

Nah itulah cara menakar asupan protein saat diet, jadi meskipun sedang diet asupan protein yang sedang masuk kedalam tubuh akan seimbang. Dengan begitu kamu dapat diet dengan sehat, karena ternyata masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat diet dan menyebabkan berbagai penyakit berdatangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here